Rabu, 10 November 2010

Install Printer HP Laserjet P1006 Pada Windows 7


Kemarin tanpa sengaja disodori laptop baru untuk kerja. Lumayan baguslah untuk ukuran saya, Sony Vaio TT VGN-TT46GG dengan prosesor Intel Core 2 Duo SU9600 (1.6 GHz), Memory 4 GB, dan hard disk drive 250 GB. Parahnya pada laptop itu sudah terinstall Windows 7 original.

Utak-atik sana sini, coba internet, coba office trial, dan lain-lain. Biasanya saya selalu melakukan install Opensuse 11.2, namun karena DVD OpenSuse belum dibakar, akhirnya belum kesampaian. Utak-atik akhirnya sampai pada cetak-mencetak dengan printer HP Laserjet P1006. Ketika install drivernya yang saya cari dari situs HP di http://h10025.www1.hp.com/ewfrf/wc/softwareList?os=4063&lc=en&dlc=en&cc=us〈=en&product=3435684 masalah semakin runyam, karena driver selalu gagal diinstall. Sudah coba diikuti urutan install: mengekstrak driver, install, dan selalu terhenti ketika driver meminta mengkonekkan printer ke komputer. Sudah dihidupkan, eh ternyata si printer ga pernah kedetect. Satu dua kali ga bisa. Satu dua hari dicoba lagi ga bisa. Direstart dicoba install lagi masih gagal. Akhirnya menyerah!

Wah parah…. punya komputer baru kok malah ga bisa mencetak… Malam ini dengan berbagai upaya dan kenggondokan yang masih tersisa, akhirnya aku coba lagi untuk install drivernya. Akhirnya berhasil… Wow.. Berikut ini tips dan triknya yang barangkali bermanfaat bagi pembaca:

Lakukan install driver seperti biasa, pastikan lokasi dimana driver printer HP Laserjet P1006 tersebut berada, misalnya di C:\hp_P1000_P1500_Full_Solution. Biasanya seperti saya ceritakan tadi install driver akan gagal ketika komputer meminta untuk mengkoneksikan printer ke komputer, walaupun printer sudah dihidupkan. Jangan panik!, biarkan saja sang installer gagal, yang penting driver sudah diekstrak di folder tersebut.
- Pada halaman depan, Klik Start kemudian klik kanan Computer pilih Manage.
- Akan tampil Computer Management. Pilih Device Manager.
- Cari device printer HP yang masih bertanda ‘pentung’ berwarna kuning, yang berarti driver belum pas.
- Klik kanan device tersebut, kemudian pilih Update Driver Software..
- Cari dimana driver printer tersebut disimpan sebagaimana langkah 1.
- Klik OK, dan ikuti langkah selanjutnya.
- Printer siap dipakai.

Wah ternyata ribet bener install driver printer di Windows 7. Hal ini mungkin Windows 7 sangat ingin menjaga keamanan komputer, tapi malah membuat susah penggunanya.

Selamat Mencoba...

6 komentar:

Lowongan HHRMA mengatakan...

om saya punya windows 7 dan driver printer hp laserjet p1006 sudah terinstall di komputer, tapi pas mau test print tidak bisa keluar hasil printnya. padahal drivernya sudah terinstall. saya coba restart komputer masih juga belum bisa. saya coba matikan printer statusnya offline. saya hidupkan statusnya online.. tapi tetap tidak bisa print.. mohon bantuannya om..?!

Syaifurrahman mengatakan...

nice info mas, sangat bermanfaat :)

Klikgaul.com Portal Berita artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update mengatakan...

keren dan informatif mas.. sebagai rujukan dan referensi saya mas..
salam blogger

Cara Meningkatkan Penjualan Online mengatakan...

betah ada disini..
juga senang berkunjung disini..
salam blogger aja dech..
Camera.co.id Toko kamera murah di Indonesia
Itupoker.Com Agen Poker Online Indonesia Terpercaya
Itupoker.Com Agen Poker Online Indonesia Terpercaya
Klikgaul.com Portal Berita artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update :)

arief mengatakan...

terima kasih infonya mas. bermanfaat sekali :D

Lamorez mengatakan...

Assalamualaikum…
Mas butuh bantuan nih…
Komputer ga baca usb hp p1006
udah 3pc kasusnya sama…
Mohon solusinya…

copyright @ nofianto777 2011 || design by : doel_sumbang2001